"Learning Organization" dan
perbedaannya dengan "Traditional Organization"
Learning
Organization
Konsep
ini dapat diartikan kemampuan organisasi untuk terus menerus melakukan
pembelajaran sehingga organisasi memiliki kecepatan dan ketepatan dalam
berpikir dan bertindak dalam merespon berbagai perubahan yang muncul. Cara ini
dapat dilakukan guna menghadapi persaingan yang semakin ketat. Pengetahuan
tentang manajemen sangat berperan penting dalam konsep ini karena melalui
mekanisme inilah proses pembelajaran dan pengetahuan dapat tersebar di antara
para karyawan agar bisa dikelola secara efektif dan selaras dengan strategi
arah dan tujuan suatu organisasi atau perusahaan.
Perbedaan
Traditional Organization dengan Learning Organization
A. Sikap
terhadap perubahan
Traditional
Organization : Ketika sesuatu pekerjaan yang ada di dalam sebuah organisasi
atau perusahaan telah berhasil dicapai maka cara-cara yang telah dipakai akan
tetap dipertahankan. Dalam Traditional Organization akan sulit berkembang
ketika menghadapi perubahan-perubahan yang akan terjadi dalam jangka waktu
lama.
Learning
Organization : Dalam Learning Organization cara-cara yang digunakan akan
berkembang seiring dengan adanya permasalahan baru karena jika dipertahankan
tidak akan berhasil dalam waktu yang lama. Adanya permasalahan baru maka juga
akan timbul cara-cara baru yang digunakan. Hal ini sangat cocok diterapkan pada
peusahaan di era globalisasi saat ini agar mampu bersaing.
B. Penanggung
jawab inovasi
Traditional
Organization: Pihak yang dituntut untuk melakukan inovasi hanya bidang
tertentu, seperti dalam perusahaan yaitu Research and Development (RnD).
Orang-orang yang ada dalam perusahaan yang masih menerapkan cara ini akan sulit
untuk turut andil dalam menyampaikan aspirasinya, padahal ini juga sangat
penting demi kemajuan perusahaan itu sendiri.
Learning
Organization: Semua orang dalam organisasi dapat turut andil langsung dan memberikan
masukan untuk terciptanya inovasi-inovasi dalam perusahaan atau sebuah
organisasi.
C. Hal
yang dikhawatirkan
Traditional
Organization: Kekhawatiran utama organisasi atau perusahaan penganut sistem ini
yaitu adalah orang-orang akan melakukan kesalahan atau melakukan pekerjaan
tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam organisasi tersebut.
Learning
Organization: Hal yang dikhawatirkan adalah ketika ada pihak-pihak yang tidak
mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang ada. Padahal dalam sistem ini
inovasi sangat dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan dalam organisasi.
Seseorang dalam organisasi dituntut untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan
keadaan yang ada.
D. Keunggulan
Bersaing
Traditional
Organization: Produk dan Jasa yang dihasilkan sangat bermutu. Persaingan
terjadi dalam faktor produksi.
Learning
Organization: Kemampuan dalam beradaptasi sangat baik. Perusahaan mampu
memberikan pembelajaran, pengetahuan dan pelatihan keterampilan bagi karyawan
dalam perusahaan. Hal ini sangat penting dilakukan di era saat ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar