Senin, 22 Oktober 2012

Perbedaan Learning Organization dan Traditional Organization



 "Learning Organization" dan perbedaannya dengan "Traditional Organization"

Learning Organization
Konsep ini dapat diartikan kemampuan organisasi untuk terus menerus melakukan pembelajaran sehingga organisasi memiliki kecepatan dan ketepatan dalam berpikir dan bertindak dalam merespon berbagai perubahan yang muncul. Cara ini dapat dilakukan guna menghadapi persaingan yang semakin ketat. Pengetahuan tentang manajemen sangat berperan penting dalam konsep ini karena melalui mekanisme inilah proses pembelajaran dan pengetahuan dapat tersebar di antara para karyawan agar bisa dikelola secara efektif dan selaras dengan strategi arah dan tujuan suatu organisasi atau perusahaan.

Perbedaan Traditional Organization dengan Learning Organization

      A.    Sikap terhadap perubahan
Traditional Organization : Ketika sesuatu pekerjaan yang ada di dalam sebuah organisasi atau perusahaan telah berhasil dicapai maka cara-cara yang telah dipakai akan tetap dipertahankan. Dalam Traditional Organization akan sulit berkembang ketika menghadapi perubahan-perubahan yang akan terjadi dalam jangka waktu lama.
Learning Organization : Dalam Learning Organization cara-cara yang digunakan akan berkembang seiring dengan adanya permasalahan baru karena jika dipertahankan tidak akan berhasil dalam waktu yang lama. Adanya permasalahan baru maka juga akan timbul cara-cara baru yang digunakan. Hal ini sangat cocok diterapkan pada peusahaan di era globalisasi saat ini agar mampu bersaing.

      B.     Penanggung jawab inovasi
Traditional Organization: Pihak yang dituntut untuk melakukan inovasi hanya bidang tertentu, seperti dalam perusahaan yaitu Research and Development (RnD). Orang-orang yang ada dalam perusahaan yang masih menerapkan cara ini akan sulit untuk turut andil dalam menyampaikan aspirasinya, padahal ini juga sangat penting demi kemajuan perusahaan itu sendiri.
Learning Organization: Semua orang dalam organisasi dapat turut andil langsung dan memberikan masukan untuk terciptanya inovasi-inovasi dalam perusahaan atau sebuah organisasi.

      C.     Hal yang dikhawatirkan
Traditional Organization: Kekhawatiran utama organisasi atau perusahaan penganut sistem ini yaitu adalah orang-orang akan melakukan kesalahan atau melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam organisasi tersebut.
Learning Organization: Hal yang dikhawatirkan adalah ketika ada pihak-pihak yang tidak mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang ada. Padahal dalam sistem ini inovasi sangat dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan dalam organisasi. Seseorang dalam organisasi dituntut untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada.

      D.    Keunggulan Bersaing
Traditional Organization: Produk dan Jasa yang dihasilkan sangat bermutu. Persaingan terjadi dalam faktor produksi.
Learning Organization: Kemampuan dalam beradaptasi sangat baik. Perusahaan mampu memberikan pembelajaran, pengetahuan dan pelatihan keterampilan bagi karyawan dalam perusahaan. Hal ini sangat penting dilakukan di era saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar